TATA CARA PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK
Prosedur Pelayanan Informasi Publik
Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID melalui desk layanan informasi publik, memberikan layanan langsung dan layanan online melalui website PPID Kabupaten Garut.
Layanan informasi secara langsung, yaitu layanan informasi publik yang dikategorikan wajib tersedia setiap saat, dengan mekanisme pelayanan sebagai berikut:
1. Pemohon informasi datang ke desk layanan informasi dan mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan fotocopy KTP pemohon dan pengguna informasi
2. Petugas memberikan tanda bukti penerimaan permintaan informasi publik kepada pemohon informasi public
3. Petugas memproses permintaan pemohon informasi publik sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon informasi publik
4. Petugas memenuhi permintaan informasi sesuai dengan yang diminta oleh pemohon/pengguna informasi. Apabila informasi yang diminta masuk dalam kategori dikecualikan, PPID menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku
5. Petugas memberikan Tanda Bukti Penyerahan Informasi Publik kepada Pengguna Informasi Publik
Layanan informasi secara online media portal website PPID Kabupaten Garut untuk permohonan informasi publik yang tersedia dan diumumkan secara berkala dilayani melalui website PPID Kabupaten Garut dengan mekanisme pelayanan sebagai berikut :
1. Pemohon informasi membuka portal website PPID Kabupaten Garut ppid.garutkab.go.id
2. Pemohon informasi melakukan proses pendaftar akun pada website PPID ppid.garutkab.go.id/register
3. Pemohon informasi melakukan proses verifikasi akun dengan mengupload data KTP/Identitas yang berlaku
4. Petugas memverifikasi data Indentitas Pemohon Informasi
5. Setelah data tervalidasi pemohon informasi membuat permohonan informasi publik
6. Petugas memproses permintaan informasi publik
7. Selesai